Jumat, 28 Agustus 2015

SUGESTI KESUKSESAN


Pengertian sukses menurut Brian Tracy, Million Dollar Habits ialah “Success is the ability to live your life the way you want to live it, doing what you most enjoy, surrounded by people who you admire and respect”. Artinya : Sukses adalah kemampuan untuk menjalani hidup anda sesuai dengan keinginan anda, melakukan apa yang paling dinikmati, dikelilingi oleh orang-orang yang anda senangi dan hormati.
Ada banyak pengertian sebuah kata “SUKSES” dari berbagai definisi yang berbeda setiap orang. Contoh seseorang akan merasa sukses saat dia berhasil membangun rumah yang megah, liburan keliling dunia, memiliki barang-barang yang mewah dan lain sebagainya. Hanya itukah makna sebuah kesuksesan? Namun, menurut saya sukses itu adalah sesuatu dimana kita mensyukuri apa yang telah kita dapat hari ini dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hal lain di hari esok.

Tak dapat dipungkiri setiap insan memang memiliki hasrat untuk sukses. Memiliki setiap apa yang diinginkanya serta ingin merasakan sebaik-baiknya sebuah kehidupan. Namun kebanyakan kita menginginkan suatu hal yang besar tetapi tidak diimbangi dengan usaha yang besar pula. Seperti halnya ada beberapa mahasiswa yang menginginkan berpredikat cumlaude diakhir studynya, dan hal tersebut tidak dapat diraih apabila hanya dengan bermalas-malasan belaka tanpa ada kesungguhan belajar yang lahir dari dirinya, karena terkadang mereka berasumsi bahwa bermimpi adalah hak pribadi seseorang namun mereka cenderung merasa perwujudan mimpi tersebut hanyalah sebatas keberuntungan saja, padahal sebuah kata mutiara “Man jadda wajada” memiliki makna yang luar biasa yaitu menjelaskan bahwa barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia mendapatkannya. Jadi bersungguh-sungguhlah kita dalam meraih setiap mimpi yang telah kita ukir indah di benak masing-masing. Jangan hanya sebatas bermimpi tanpa usaha karena itu hanya akan sia-sia.

Ada beberapa orang berkata “Selagi bermimpi itu gratis apa salahnya kita memimpikan hal yang luar biasa?”. Contoh, si A memiliki impian besar 10 tahun yang akan datang akan menjadi seorang CEO beberapa perusahaan kawakan dunia, namun ia hanya berani bermimpi dan tidak memiliki keberanian untuk menghadapi setiap resiko untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Hal inilah yang biasanya menjadi penghalang orang-orang dalam meraih kesuksesannya. Kita dapat meraih kesuksesan saat tumbuh suatu kepercayaan yang menyatakan “Saya bisa mendapatkannya/melakukannya”, maka secara otomatis berkembanglah dengan sendiri cara melaksanakannya. Inilah yang disebut kekuasaan, kekuatan, dan keterampilan yang diciptakan oleh energi positif sebuah kepercayaaan.

Nyatanya saya mempunyai dua orang teman yang sama-sama memiliki mimpi menjadi orang besar serta memiliki berbagai bisnis yang tersebar di seluruh negeri hingga mancanegara. Sebut saja orang pertama adalah si B, yang mana dia selalu berusaha dengan berbagai cara untuk mewujudkannya. Berawal dari kepercayaan bahwa suatu hari nanti semua mimpinya akan terwujud maka terbukalah banyak jalan yang tak terduga untuk mendapatkannya. Lain halnya dengan yang kedua yaitu si C yang mampu membangun dengan indah berbagai mimpinya, namun tidak ada aksi yang dilakukannya untuk meraih impian itu dalam kenyataan. Karena dia tidak memiliki kepercayaan diri yang besar menjadi seorang yang sukses, alhasil tidak ada satu mimpi pun yang telah dia raih hingga kini.

Itulah fenomena yang terjadi di sekitar kita, andai semua orang berpikir dengan positif dan selalu berjiwa besar maka tak ada yang tidak mungkin untuk membangun sebuah kesuksesaan seperti apa yang telah si B lakukan. Namun kenyataan yang ada masih banyak saudara-saudara kita yang merasa kurang percaya diri dengan dirinya sendiri. Apabila kita merasa berada seperti posisi si C, maka hal yang pertama kali harus kita rubah adalah mindset kita, agar selalu berpikiran positif. Karena kepercayaan akan kesuksesan adalah unsur dasar, dan satu-satunya yang harus ada pada orang-orang yang ingin sukses. Kalau kita percaya akan meraih sukses, orang lain pun akan menaruh kepercayaan kepada kita.
                       Berpikirlah ragu maka kita akan gagal.
                       Berpikirlah menang maka kita akan menang.

Disaat kita berjuang dalam mewujudkan mimpi-mimpi kita itu, tidak dipungkiri akan banyak cobaan yang siap mengawali perjalanan kita. Namun yakinlah Allah tak akan menguji diluar batas kemampuan kita, maka hadapilah ujian-ujian tersebut dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

Banyak yang bertanya bagaimana menciptakan kekuatan kepercayaan dalam diri kita???
1. Berpikirlah sukses. 
2. Tanam dalam diri kita bahwa kita tercipta lebih baik dari apa yang kita sangka sebelumnya. 
3. Saat kepercayaan itu tercipta, maka lipat gandakan rasa kepercayaan itu.

Itulah tiga pedoman dalam menciptakan kekuatan kepercayaan dalam diri kita yang banyak diterapkan oleh orang-orang sukses. Intinya saat kita memimpikan sebuah kesuksesan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah selalu optimis bahwa impian tersebut pasti bisa berada dalam genggaman kita dengan sebuah keberanian besar menghadapi setiap resiko yang siap menghadang kita. Karena dengan menciptakan pikiran yang selalu optimis maka berbagai jalan untuk meraih kesuksesan itupun akan terbuka lebar dan akan datang dari arah yang tidak pernah kita duga.

Ditulis oleh: Nifi Devianty Nurhikmah
Kader HMI-Wati Komisariat Tazkia
Cabang Bogor.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar